Friday 11 September 2009

Pohon unik Arbre du Ténéré

Letak: Padang pasir Ténéré, Niger

Arbre du Ténéré unik karena merupakan satu-satunya pohon yang diperlihatkan pada peta berskala 1:4,000,000

Dekat dengan monumen UTA 772, ada sebuah pohon yang berdiri sendiri di tengah luasnya gurun Sahara. Kekuasaan Allah untuk menumbuhkan pohon di tempat yang tidak sepantasnya ia berada di sana.

tree of tenere 1961

Arbre du Ténéré tahun 1961.

tree of tenere well

Suku Tuareg berkumpul di sumur dekat pohon terkenal ini.

Pohon ini adalah pohon yang paling terisolasi di dunia, pohon terdekat 200 km jauhnya. Arbre du Ténéré adalah sebuah pohon akasia yang usianya ditaksir mencapai 300 tahun. Pada musim dingin 1938-1939, sebuah sumur digali dekat pohon ini. Airnya berada di kedalaman 33 meter dan dasarnya lebih dari 36 m. Sgt. Lamotte yang membangun sumur ini menemukan akar pohon di kedalaman 35 m.

Sekitar 6000 tahun yang lalu di sini terdapat sebuah daratan yang subur. Pohon Ténéré adalah keturunan terakhir hutan Acacia yang pernah menutupi negara Niger ini. Pohon ini pun menjadi penanda jalan bagi karavan unta suku Tuareg yang berlalu lalang di padang pasir ini. Mereka menganggap Arbre du Ténéré tabu dan sakral.

Dalam buku L’épopée du Ténéré, pakar etnologi dan penjelajah Perancis, Henri Lhote menjelaskan dua perjalanannya ke Pohon Ténéré. Kunjungan pertamanya adalah pada 1934 menggunakan mobil pertama yang melintasi gurun antara Djanet dan Agadez. Ia menggambarkan pohon ini sebagai “sebuah Akasia dengan batang rusak atau sakit. Tetapi, pohonnya memiliki daun hijau yang indah, dan beberapa bunga kuning”. Ia mengunjungi lagi 25 tahun kemudian, pada 26 November 1959 dalam misi Berliet-Ténéré, dan sayangnya ia menemukan pohon ini dalam keadaan rusak parah.

tree of tenere to niamey

Pohon Ténéré mati yang hendak dibawa ke Niamey dengan truk.

Pohon ini secara tak sengaja tertabrak oleh seorang supir truk Libya yang mabuk tahun 1973. Tanggal 8 November 1973, pohon mati ini dipindahkan ke Museum Nasional Niger di kota Niamey, Niger. Pohon ini pun telah digantikan oleh satu tiang besi yang mewakilkan pohon ini.

tree of tenere metal

Pohon Ténéré saat ini, berupa sebuah tiang besi untuk mewakilkan pohon yang mati tersebut.

tree of tenere1600x1200

Seseorang membuat wallpaper Arbre du Ténéré untuk memperingati kematiannya. Anda bisa unduh wallpaper ini dengan mengklik dan save gambar di atas. (1600x1200)

0 comments:

Post a Comment

Pages

 
Free Web Hosting | Top Web Host