Tuesday 17 April 2012

REVIEW Kisah Paman Gober




Sejujurnya, pas saya dan Tri waktu ngeborong buku-buku buat perpustakaan, tak terlintas beli buku ini. Kenapa?!? Karena memang tidak tahu kalo bakal ada edisi bundelnya versi Indonesia. Komik yang selalu saya cek terbitan terbarunya di Gramedia adalah Monika (selain Doraemon). Eh, pas lirik-lirik bagian komik, liat buku ini. Lihat harganya, GLEKK!! Jadilah saya mondar-mandir liatin buku ini, antara beli gak beli gak beli gak…tingkat galau akut ketika berada di Gramedia. Dan, sikap saya ini ternyata diamati oleh Mas-mas Gramedia. Dan langsung promosiin buku ini. Benar-benar godaan berat. Daaaannn…saya nggak nyesel beli buku ini!! Suka..suka..sukaaaaa….\(˘˘\)

Gober bebek adalah bebek terkaya di dunia. Tapi tidak terlahir kaya atau menjadi kaya dalam semalam. Dia meninggalkan Skotlandia pada waktu umurnya masih muda. Lalu Gober mencari kesuksesan dengan keliling dunia selama dua puluh tahun. Saya pikir, Gober Bebek mempraktekkan filosofi urang minang: yaitu MERANTAU ke negeri orang.


Ini bukan sekedar komik. Komik yang tak hanya sekedar menghibur untuk ber ha ha hi hi saja. Ada banyak hikmah yang bisa kita petik dari hidup Gober Bebek:
  1. Jika kita menginginkan sesuatu harus berusaha. Lihatlah perjuangannya saat mendapatkan sekeping uang pertama kali.
  2. Jangan pernah menyerah. Berawal dari tukang semir, Gober Bebek menjadi kaya raya. Itu dia lakukan dengan semangat untuk tidak menyerah. Meski kapalnya tenggelam, tanah leluhurnya dirampas, dan lain-lain, semangatnya tidak pernah padam.
  3. Seberapa jauh merantau. Ingatlah dengan keluarga. Gober Bebek sangat mencintai keluarganya. Awal mula dia merantau adalah untuk menutupi biaya pajak kastil leluhurnya. Dan dia berjanji bahwa suatu saat akan berhasil. 

Mungkin itulah kenapa Gober Bebek terlihat kikir, pelit dan sombong. Karena dia sudah merasakan pahit manisnya kehidupan. Memang, untuk menjadi kupu-kupu yang cantik saja harus menjadi kepompong dulu. Semua ada proses. Tidak ada yang instan dalam hidup ini. Kecuali menjadi boyband atau girlsband #dikeplakalay (’,’)

Di setiap cerita, selalu ada sisipan sejarahnya. Don Rosa menggabungkan fiksi dan fakta dalam buku ini. Ada sejarah awal mula Teddy Bear. Yang mengharukan, ada kisah di Indonesia di buku ini, mengupas letusan Krakatau dalam Chapter 3,5. The Cowboy Captain of the Cutty Sark (koboi kapten Cutty Sark)


Sebuah penghargaan bergengsi Will Eisner Award diraih oleh Don Rosa atas buku ini untuk kategoriBest Serialized Story pada tahun 1995. Selain itu, penghargaan lain yang diraih komik dengan penghargaan Comic Buyer’s Guide Fan Award for Favorite Reprint Graphic Novel/Albumpada tahun 1997.

Keping keberuntungan, biji emas telur angsa, kastil keluarga bebek dari Skotlandia dan masih banyak rahasia Gober Bebek yang dikupas di buku ini. Sssttt…ternyata Gober Bebek pernah jatuh cinta loh. Ntah kenapa saya selalu senyam senyum melihat tingkah pola Hortensia (Ibu Donal) dari piyik hingga dewasa… :D

Kalau saya masih kuliah, banyak banget judul skripsi yang bisa diambil dari buku ini:
  1. Representasi para ‘orang-orang besar’ di kehidupan nyata. Oya, saya jadi ingat cerpen Kematian Paman Gober yang ditulis oleh Seno Gumira Ajidarma: http://luckty.wordpress.com/2012/03/25/kematian-paman-gober-oleh-seno-gumira-ajidarma/
  2. Ada banyak selipan sejarah disini. Ada Presiden Amerika. Budaya Karapan Sapi di Madura. Dan lain-lain.
  3. Don Rosa kerap menuliskan kata D.U.C.K. dan tokoh Miki yang tersembunyi di komik yang digambarnya. Ehm…ada begitu banyak makna semiotika yang bisa digali dalam buku ini. #KorbanRolandBarthes

Paman Gober (Scrooge McDuck) adalah tokoh ciptaan Carl Barks, seorang illustrator legendaries dari Disney. Illustrator Disney yang kini juga sudah dianggap sebagai legenda hidup, Don Rosa, sering menuliskan inisial D.U.C.K. di komik yang dia gambar. Itu merupakan singkatan dari Dedicated to Unca Carl from Keno. Keno adalah nama pangilan Don Rosa. Mau tahu tentang Don Rosa dan D.U.C.K? Simak dalam buku ini yaaa… #biarpenasaran (~ˆˆ)~ ~(ˆˆ~)


Keterangan Buku:
Judul                : Kisah Hidup Paman Gober (Edisi Bundel)
Penulis              : Don Rosa
Penerbit            : Kompas Gramedia
Terbit               : 2012
Tebal                : 498 hlm.
ISBN               : 979-23-5134-5

Daftar isi:

Silsilah Keluarga Bebek:

Denah Gudang Uang: 

Cover asli:

0 comments:

Post a Comment

Pages

 
Free Web Hosting | Top Web Host