Saturday 1 May 2010

Kebahagiaan Kekal Dengan Liburan


text TEXT SIZE :  
Share
Adhini Amaliafitri - Okezone
Hanya dengan berlibur ke suatu tempat, seseorang bisa meraih kebahagiaan yang lebih kekal. (Foto: Google)
TERNYATA, memiliki uang banyak tak sepenuhnya membuat orang bahagia. Hanya dengan berlibur ke suatu tempat, seseorang bisa meraih kebahagiaan yang lebih kekal.

Profesor sekaligus psikolog Thomas Gilovich dari Cornell University, New York, dan rekannya melakukan penelitian untuk mencari tahu mengapa orang yang mendapatkan kebahagiaan dari perjalanan lebih kekal daripada orang yang memiliki harta.

Dalam penelitian tersebut ditemukan, kenangan dari perjalanan panjang membawa kita pada kondisi bahagia dan penuh suka cita yang lebih besar. Hal ini dikarenakan lebih individual dan sulit bagi kita untuk membandingkan dengan liburan orang lain. Sedangkan ketika Anda mendapatkan barang baru, sering kali Anda mengambil barang yang modelnya lebih baik daripada yang dimiliki orang lain. Dan juga lebih mengkilap dan mewah, sehingga membuat Anda membanding-bandingkan dengan barang yang dimiliki orang lain.

“Manusia dilemahkan oleh banyak perbandingan sosial yang kurang menyenangkan. Bayangkan, Anda membeli TV layar datar. Anda sangat senang dengannya, dan kemudian menemukan bahwa saya memiliki TV dengan gambaran yang lebih jelas, lebih besar dari Anda. Ini membuat Anda merasa sedikit kecewa dan kesal,” kata Gilovich kepada Daily Express yang dikutip Times of India.

“Tapi sebagai gantinya, saya rasa kita dapat pergi berlibur ke Karibia. Anda dapat mengetahui bahwa saya telah melakukan hal yang sama, dan liburan saya terdengar lebih baik dari Anda. Namun perjalanan Anda menuju ke Karibia lebih unik, bila dibandingkan dengan perjalanan saya. Jadi kenikmatan Anda tidak banyak dirusak,” jelas Gilovich.
(tty)

0 comments:

Post a Comment

Pages

 
Free Web Hosting | Top Web Host